Preparation: Membuat SIM International

[Update: Anda perlu pertimbangkan untuk tidak membuat SIM International. Ternyata, SIM Internasional Indonesia tidak pernah saya gunakan. Peraturannya, kalau dapat Residence Permit SIM International menjadi tidak berlaku lagi. RP umumnya bisa didapat dalam 2 – 4 minggu. Jadi Anda mungkin lebih baik menunggu 2-4 minggu.

Di buku Marhaba, terdapat tulisan seperti berikut:

“You are allowed to drive with your national driver’s license (if it is recognized by the State of Qatar) for one week, or alternatively you may use an international driver’s license for six months, after which it is compulsory to have valid Qatari’s driving license. In order to use an international driving permit issued by your country of origin, you must hold also a valid driving license that is, recognized by the State of Qatar”.

Sayangnya, SIM kita tidak direcognize oleh Qatar. Pengemudi yang SIM-nya tidak direcognize (kecuali British, US, dan beberapa negara) seperti kita, perlu melakukan driving test.

—————

Hari Jumat lalu, 21 Nov, SIM international saya jadi. Sempat ketar-ketir juga karena ketika aku naruh persyaratan hari Rabu, 12 Nov, petugas di IMI bilang SIM kelar dalam seminggu sampai dua minggu. Padahal aku harus berangkat tanggal 25 Nov.

SIM International diperlukan untuk dipakai di awal-awal Anda tinggal di Qatar sebelum mendapatkan driving license setempat.

Berikut cara mendapatkan SIM International:

1. Pastikan Anda sudah mempunyai SIM Indonesia (ya iyalah…..)

2. Cari kantor IMI setempat

(I’m serious….cukup sulit menemukan kantor IMI di Balikpapan. Dulunya aku pernah ke BSB bulan Sep 08, tapi pas ke sana Nov 08, ternyata sudah pindah. Satpam di BSB gak tahu ke mana. Kemudian ada informasi di Daksa (Kota Hijau) dekat sirkuit. Pas ke sana, nothing. Nanya 108, nomer telepon yang diberikan tidak bisa dihubungi. Ternyata ketemunya di Ruko Balikpapan Baru, dekat showroom Suzuki/Klinik BorneoMed – ruko paling luar sebelah kanan Mal Fantasi, dekat belokan dari Bundaran Patung Monyet. Memang ada rencana kantor permanennya di dekat sirkuit, tapi entah kapan selesainya. Jadi pastikan Anda tahu ke mana mencarinya karena kantor IMI tergantung dari siapa ketuanya).

3. Lengkapi persyaratan: fotokopi SIM, fotokopi passport, fotokopi KTP, foto 4×6 (4 lembar), formulir aplikasi yang sudah diisi (gratis).

4. Bayar uang sekitar Rp550,000 + 6 ribu untuk materai (untuk Wilayah Balikpapan). Di Jakarta Anda bisa mendapatkannya dengan Rp385,000. Biaya pada bulan Nov 2008.

5. Tunggu 1-2 minggu. Kenapa lama? Meski bisa diurus di Pengda IMI, SIM hanya dikeluarkan oleh IMI Pusat. Kasusku, aku ngasih tanggal 12 Nov (Rabu) sore, dan selesai Jumat, 22 Nov, pagi. Di Jakarta, ini bisa selesai 1-3 hari. Kantor IMI di Stadion Tennis, Jl. Pintu I Senayan, Jakarta.

Jangan kaget, Anda akan menerima SIM International yang segede gaban, kira-kira 4 kali SIM Indonesia. Anda juga akan mendapatkan stiker IMI Touring, buku panduan safety driving, dan kartu IMI Touring. Selamat mengurus!

About these ads

7 thoughts on “Preparation: Membuat SIM International”

  1. txs ya pak.. aku emang lagi nyari cara gmn bisa urus SIm international….tapi klo boleh tau .. boleh gak ya pa.. klo ngurus SIM international di wakilkan secara aku n suami ada di singapor sekarang… txs ya?

  2. Menurut petugas IMI bisa diwakilkan. Temenku di Balikpapan bisa tuh meminta saudaranya di Jakarta untuk ngurusin.

    Sori nih baru bales. Baru bisa online semingguan ini setelah sibuk ama settling down di Qatar. Thanks.

  3. Ternyata SIM Internasional yang saya bikin tidak pernah digunakan di qatar, kerena by the rule, setelah kita mendapat RP, otomatis SIM internasional menjadi tidak berlaku — berhubung RP sudah jadi dalam 2 minggu — akhirnya ya buat SIM Qatar.

    FYI, SIM internasinal saya buat di jakarta (Saya SIM bandung) – kantor IMI jakarta lokasinya di gelora senayan, deket lapangan tenis indoor.

    1. Iya betul Mas. SIM International saya juga tidak pernah saya gunakan. Lebih baik menunggu dapat Qatari’s driving license. Lagian SIM kita tidak direcognize. Tulisan saya sudah saya update sehingga tidak menyesatkan pembaca.

  4. Kebetulan sekali searching di google dapet blog bapak untuk mengurus SIM Internasional. Saya penduduk Balikpapan yang saat ini tinggal di Tripoli, Libya. Bulan lalu saya ke Tunisia pakai mobil, sayangnya untuk menyetir disana harus punya SIM Internasional juga [padahal saya sudah dapat SIM Libya]. Pulkam tahun depan saya akan urus di Balikpapan gak jadi ke Jkt. Oya, SIM internasional yang dibuat IMI Balikpapan ini apa berlaku untuk nyetir di eropa pak ? Terima kasih :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s